Wednesday, June 14, 2017

Penyakit Jantung - Penyebab Gejala dan Pengobatan

Penyakit Jantung - Penyebab Gejala dan Pengobatan - Penyakit jantung adalah segala ganguan yang terjadi pada sebagian atau seluruh organ jantung.




Pada tahun 2014 serangan penyakit jantung termasuk dalam 10 penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Bahkan, berdasarkan data yang dirangkum oleh WHO (World Health Organization) dan CDC, sakit jantung adalah penyebab utama kematian di Inggris, Amerika Serikat, Kanada dan Australia.

Penyebab Penyakit Jantung

Banyak penyebab yang dapat menimbulkan penyakit jantung. Penyebab paling utamanya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Kebiasaan merokok, setres, obesitas juga termasuk hal utama pemicu sakit jantung. Namun, ada juga penyebab umum yang membuat seseorang bisa terkena penyakit jantung. seperti tekanan darah tinggi, tingkat kolestrol yang tidak terkontrol dengan baik dam penyakit diabetes. Selain itu, faktor genetik atau riwayat anggota keluarga yang pernah terkena penyakit jantung juga berkonstribusi dalam meningkatkan resiko penyakit jantung pada seseorang.

Gejala Penyakit Jantung

  • Penderita sakit jantung biasaya memiliki gejala-gejala spesifik, antara lain :
  • Rasa sakit pada bagian dada atau seluruh tubuh yang terjadi karena peredaran darah tidak lancar.
  • Sesak nafas, terjadi karena adanya cairan yang masuk ke rongga paru-paru akibat fungsi jantung yang tidak berjalan dengan optimal.
  • Detak jantung tiba-tiba amat cepat atau tidak stabil.
  • Rasa pusing yang amat berat yang sebabnya tidak jelas
  • Kelemahan mendadak pada lengan, kaki atau bagian tubuh. Bahkan terkadang pada kasus yang parah  penderita tidak dapat berbicara dan sulit berkomunikasi.


Pengobatan Penyakit  Jantung

Penyakit jantung tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dicegah agar tidak memburuk. Pengidap penyakit jantung disarankan untuk memperbaiki gaya hidupnya seperti menjaga pola makan, berolahraga rutin, berhenti merokok serta minum obat secara teratur.

Selain itu, pemberian obat-obatan atau prosedur operasi juga dapat membantu mengatasi penyakit ini.

Penanganan Melalui Obat

  • Statin. Merupakan obat yang berfungsi menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh sehingga dapat memperlambat perkembangan penyakit jantung.
  • Antiplatelet. Merupakan obat yang berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah dengan cara mengencerkan darah, sehingga dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung.
  • Anti- hipertensi dan obat diabetes.


Penanganan Melalui Operasi

  • Intervensi Jantung Perkutan (PCI) merupakan suatu prosedur untuk menangani stenosis atau penyempitan dari arteri koroner. Penyempitan tersebut terjadi karena plak atheroskelosis. Operasi ini bertjuan untuk memperlebar arteri jantung yang mengalami penyempitan.
  • Bedah Bypass Arteri Jantung (CABG) Operasi ini merupakan salah satu penanganan penyakit jantung untuk mengembalikan aliran darah kembali normal ke arteri koroner yang terhambat. Prosedur ini dilakukan dengan membuat saluran baru melewati arteri koroner yang mengalami penyempitan dan juga penyumbatan baru yang membuat oksigen kejantung. Operasi ini merupakan salah satu penanganan penyakit jantung koroner.
  • Transplatasi Jantung. Tindakan ini dilakukan apabila kondisi jatung sudah sangat kronis dan obat tidak mengatasi masalah tersebut. Proses ini adalah usaha terakhir dalam memperbaiki kesehatan pasien. Transplantasi jantung sendiri adalah proses menggantikan jantung yang sudah tidak bekerja secara optimal dengan jantung yang lebih baik dari pendonor yang baru meninggal.





No comments:

Post a Comment

Faktor Resiko, Penyebab, Pengobatan Kanker Rahim

Faktor Resiko, Penyebab, Pengobatan Kanker Rahim - Kanker Rahim adalah sebuah jenis kanker yang menyerang rahim atau sistem reproduksi wani...